Mengenal Emmanuel Macron, Presiden Perancis Periode 2017-2022

Emmanuel Macron, Presiden Perancis Periode 2017 - 2022
Emmanuel Macron, Presiden Perancis Periode 2017 - 2022

Emmanuel Macron sebagai sosok yang mengejutkan dalam pemilihan Presiden Perancis kali ini. Dia terpilih jadi Presiden termuda Perancis dalam sejarah. Di usia 39 tahun, Macron telah menjadi Presiden Perancis termuda dalam sejarah.

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Emanuel Macron akhirnya menang di Pilpres Perancis putaran kedua, pada Minggu (7/05/2017) waktu setempat. Proyeksi hasil penghitungan suara memperlihatkan Macron, politisi tengah pro-Eropa, itu meraih sekitar 65 persen suara. Ia mengalahkan saingan satu-satunya, yakni Marine Le Pen, yang meraih kurang dari 35 persen suara.

Siapakah macron ini, mari kita mengenalnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Macron.

Selain didaulat sebagai presiden termuda, ternyata Macron punya sejarah unik. Lahir di Amiens, 21 Desember 1977, Macron berada di tengah-tengah keluarga yang mencintai literasi. Ayahnya, Jean-Michel Macron merupakan seorang profesor Neurologi di Universitas Picardy. Sedangkan neneknya adalah kepala sekolah, dan sempat mengasuh Macron selama beberapa tahun.

Macron memulai pendidikan Lycee La Providance in Amiens. Lalu, saat Macron masuk ke jenjang universitas ia mengambil jurusan filsafat di universitas Paris-Quest Nanterre La Defense. Pasca kuliah, Macron tak langsung terjun ke dunia kerja. Ia menjadi asisten Paul Ricoeur, seorang ahli hermenetik yang karyanya diakui di seluruh belahan dunia. Karyanya yang turut dia sunting tercatat, La Memoite, I’hstoire, dan I’oubli. Akhirnya Macron memutuskan menerjuni bidang politik kali pertama pada tahun 2004 silam.

Tak lama kemudianMacron meninggalkan pemerintahan, dan menjadi bankir investor di Rothschild & Cie Banque. Sebelum bekerja sebagai bankir investasi di Rothschild & Cie Banque, Macron bekerja sebagai inspektur keuangan kementrian ekonomi Perancis.

Di tahun 2008, Macron membayar 50.000 euro atau sekitar Rp 730 miliar untuk dapat keluar dari ikatan dinas dengan pemerintah dan bekerja sebagai bankir.

Sebagai kader Partai Sosialis, Macron mulai ditawari sebagai Menteri Ekonomi dan Industri. saat pemerintahan dipegang oleh Presiden Hollande. Selang 3 tahun kemudian, ia bersaing dengan Le Pen dalam pemilihan presiden periode 2017-2022.

Dalam kampanye-nya, Macron berjanji akan membuat Perancis menjadi negeri yang lebih ramah bisnis dan mengurangi pajak perusahaan.

Kemenangan Macron ini berdiri menjadi presiden sekarang ini tidak terlepas berkat eksistensi isteri yang setia menemaninya yakni Brigitte Trogneux yang diawali pertemuan kasih mereka di Amiens yang waktu itu Brigitte adalah menjabat sebagai guru Bahasa Perancis dan Latin di La Providence, Amiens.

Macron dikirim ke Paris untuk menyelesaikan studi. Namun jarak tak menghalangi hubungan mereka. Brigitte bercerai dari suaminya, dan di tahun 2007, Macron menikahinya. Dari suami sebelumnya, Brigitte mempunyai tiga anak. Anak bungsunya, Tiphaine Auziere (30) bekerja dalam tim kampanye Macron. Tiphaine menyebut, ayah tirinya sebagai sosok berkepribadian luar biasa dan cerdas.

Kesetiaan Brigitte ini mampu memberikan masukan-masukan selama kampanye berlangsung dan turut mendukung keberhasilan Macron memenangkan pemilihan presiden pada tahun ini.

Sekilas tentang latar keluarga Macron ini di bahas dalam mengenal kepribadian dan seputar kehidupan Macron.

Author : Shanti Widjaja

Untuk mendapatkan free signal trading, analisa market harian, full support langsung dari analis, buka account sekarang dengan kode referensi MIC di Java Belajar Forex

Hubungi Laura :

Phone / WhatsApp : 081383331613

Pin BB D50D4649