Naik Turun Tensi Hubungan AS-Meksiko

Tembok pembatas AS dan Mexico

Sejak akhir abad kesembilan belas, pada masa pemerintahan presiden Porfirio Diaz yang memerintah pada tahun1876  sampai dengan 1911, hubungan antara Amerika Serikat dengan Meksiko memiliki hubungan diplomatik dan ekonomi yang cukup dekat. Meksiko membuka peluang investasi asing dan wirausahawan Amerika Serikat dalam pertambangan dan pertanian khususnya. Selain hubungan dalam ekonomi, dua negara tersebut pun membagi perbatasan darat dan laut di bagian Amerika Utara secara bilateral dan multilateral yang tertuang dalam pembelian Gadsden dan perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara. Bahkan kedua negara ini pun masuk dalam keanggotaan organisasi internasional.

Hubungan baik antara Amerika Serikat dengan Meksiko ini tidak terjalin begitu saja karena pada tahun 1846 sampai dengan 1848 terjadi konflik bersenjata yang diakibatkan oleh sengketa wilayah. Perang Meksiko – Amerika selain melancarkan blokade laut, Amerika serikat juga menyerang dan menaklukkan New Mexico, California dan sebagian Meksiko Utara. Dengan berhasilnya tentara Amerika Serikat menguasai Ciudad de Mexico, membuat Meksiko harus setuju menjual wilayah-wilayah utara yang dimilikinya kepada Amerika Serikat. Perang pun berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian Guadalupe Hidalgo pada tahun 1848. Dalam perjanjian ini, Meksiko melepaskan beberapa wilayah diantaranya adalah California, Nevada, Utah, New Mexico, Sebagian Texas, Oklahoma, Kansas, Wyoming, Colorado dan sebagian besar wilayah Arizona kepada Amerika Serikat seharga $18.250.000

Dengan dilepaskannya beberapa wilayah Meksiko kepada Amerika Serikat, maka dibangunlah perbatasan antara Meksiko-Amerika Serikat dan ini merupakan perbatasan internasional yang membentang cukup panjang sekitar 3.169 km atau setara 1.969 mil. Perbatasan internasional ini sering dilalui oleh penyebrang ilegal dan jumlahnya cukup fantastis mencapai 250 juta penyeberang setiap tahunnya.

Permasalahan transnasional pun mulai muncul dengan adanya peredaran narkotika dan obat bius yang tidak lepas dari Meksiko. Peredaran semakin kompleks karena peredarannya menjangkau wilayah Amerika Serikat dan karena hal ini juga yang akhirnya mendorong Amerika untuk melakukan hubungan bilateral dengan Meksiko. Perwujudannya dilakukan dengan pengamanan perbatasan, mobilisasi personel pengamanan dan pelatihan teknis lainnya. Kerjasama dimulai dengan Binational Drug Control Strategy pada tahun 1998 – 2006, kemudian karena masih dianggap lemah maka pada tahun 2008 disepakati kembali dengan kerjasama Merida Initiative yang dianggap memiliki 4 tujuan kerjasama yang nantinya dapat menolong permasalahan yang cukup kompleks terjadi di Meksiko.

Perbatasan Amerika Serikat - Meksiko
Perbatasan Amerika Serikat – Meksiko

Hubungan AS-Meksiko di Era Trump

Pada tahun 1990-an akses perbatasan ini digunakan oleh para penyelundup narkoba obat bius transnasional untuk melakukan transaksinya di Amerika Serikat bahkan ke negara-negara sekitarnya melalui perbatasan ini. Dan hal ini masih berlanjut sampai saat ini. Masuknya narkoba, obat bius ke Amerika Serikat menjadi ancaman tersendiri bagi Amerika Serikat karena Donald Trump hendak membangun kembali Amerika pada masa kejayaanya dengan mulai menstabilkan keamanan dalam negerinya. Pada masa kampanyenya, Trump sebelum terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, berjanji akan membangun tembok perbatasan yang lebih kokoh sehingga diharapkan nantinya dengan pembangunan perbatasan ini, membuat jalur transaksi narkoba yang semakin marak dapat dihentikan masuknya ke Amerika Serikat. Namun ternyata hal ini membuat kedua negara tersebut mengalami ketegangan dalam hubungannya pasca Trump terpilih menjadi presiden AS dikarenakan Trump menegaskan bahwa Meksiko harus membiayai pembangunan tembok perbatasan sebagai bentuk hubungan baik kerjasama yang telah terjalin selama ini, bagaimana Amerika memberikan bantuannya mengatasi permasalahan narkoba yang merajalela di Meksiko dengan mulai melakukan penangkapan pemimpin kartel diberbagai wilayah Meksiko dan Amerika Serikat, menekan penyelendupan di wilayah perbatasan, menekan produksi kokain maupun mariyuana dengan menghancurkan laboratorium yang didirikan oleh kartel dan pemberantasan ladang-ladang ganja serta membantu kasus korupsi yang terungkap dimana ternyata aparat pemerintahan Meksiko terbukti terlibat dalam kegiatan kartel dan juga melakukan korupsi. Bahkan Amerika serikat membantu melawan kejahatan terorganisir dan penyebaran kekerasan di Meksiko dan negara-negara tetangganya.

Anda ingin mendapatkan analisa emas yang lainnya? Silahkan kunjungi web kami : www.analisaforexsimpro.com

Author  : Sandra

Pin BB   :  D50D4649

HP / WA : 081388708801 / 087777567044 / 08561220976

Salam Sukses !