Jangan Tergoda Pendapatan Tetap dan Kenali Ciri Investasi Bodong

Investasi Bodong
Investasi Bodong

Otoritas Jasa Keuangan atau yangs erring disebut OJK mengajak kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan tawaranpendapatan tetap dan bunga yan tinggi, pada sebuah Produk atau Investasi. Masyarakat dapat mengenali ciri-ciri investasi bodong agar terhindar dari kerugian.
Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, mengatakan ada dua pedoman atau yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum berinvestasi.

Pertama, masyarakat mewaspadai Investasi yang menjanjikan keuntungan yang tinggi atau diluar batas yang tidak masuk akal keuntungan produk investasi contohnya deposito, surat utang,saham, emas dan valuta asing pada umumnya dan menjanjikan tanpa resiko.

Bila ada tawaran investasi yang keuntungan di atas batas kewajaran contoh nya 5 persen per bulan nah itu perlu diwaspadai. Karena suku bunga deposito, obligasi tidak sampai setinggi itu memberi keuntungan hasil.

Kedua, Apakah legalitas dari perusahaan , Izin dan dibawah pengawasan siapa perlu memahami legalitas perizinan lembaga dan produknya dan perlu juga memahami skema investasinya.

Oleh sebab itu masyarakat perlu berperan aktif melaporkan ke otoritas yang berwenang bila mendapatkan atau mengetahui praktik investasi yang diduga legal. Oleh sebab itu OJK juga menyediakan saluran komunikasih sebagai layanan konsumen dan masyarakat dapat menghubungi dan melalui email.

Bahkan OJK juga terus membantu masyarakat dengan melakukan edukasi agar masyarakat juga tidak langsung mempercayai perusahaan investasi yang menawarkan bunga yang tinggi

Oleh sebab itu mari kita melihat cirri-ciri investasi Bodong menurut OJK

1. Keuntungan hasil yang sangat tidak wajar diluar batas dalam waktu singkat
2. Menekankan yang pertama pada perekutan
3. Tidak menjelaskan cara mengelola investasinya
4. Tidak menjelaskan Underlying usaha menjelaskan kewajaran di setor investasi keuangan.
5. Tidak jelasnya sturuktur kepengurusan, struktur kepemilikan , struktur kegiatan usaha dan alamat domisili usaha.
6. Kegiatan yang dilakukan mirip dengan money game dan menyebabkan terjadinya kegagalan dalam pengembalian dana
7. Ada barang kualitas barang tidak sebanding dengan harganya
8. Bonus dibayar bila ada perekrutan

Oleh Sebab itu, OJK meminta masyarakat selalu waspada dan teliliti melihat penawaran investasi . pahami manfaat , biaya dan risikonya. Pahami juga apa hal dan kewajiban dan pastikan, ada otoritas yang berwenang dan mengatur mengawasi produk yang ditawarkan dan lembaganya.

Dan sekarang masyarakat dapat memanfaatkan layanan konsumen keuangan OJK untuk mendapatkan informasi dengan lengkap aspek legal perusahaan dan produk yang ditawarkan hub 1500655 atau email konsumen@ojk.go.id

Author : Indah Sari
Pin BB : D21D1CB4
HP / WA : 081388708801 / 087777567044 / 08561220976